Spektrum adalah sebuah keadaan atau harga yang tidak terbatas hanya pada suatu set
harga saja tetapi dapat berubah secara tak terbatas di dalam sebuah kontinum. Kata ini ber-evolusi dari bahasa Inggris kuno spectre yang berarti hantu,
tetapi arti modern sekarang berasal dari penggunaannya dalam ilmu alam.
Penggunaan pertama kata spektrum dalam ilmu alam adalah di bidang optik untuk menggambarkan pelangi warna dalam cahaya tampak ketika cahaya tersebut terdispersi oleh sebuah prisma, dan sejak
itu diterapkan sebagai analogi di berbagai bidang lain. Kini istilah itu
dipakai juga untuk menggambarkan rentang keadaan atau kelakuan yang luas yang
dikelompokkan bersama dan dipelajari di bawah sebuah topik untuk kemudahan
diskusi, misalnya 'spektrum opini politik', atau 'spektrum kerja dari sebuah
obat', dan lain sebagainya. Pada penggunaan ini, harga-harga di dalam sebuah
spektrum tidak perlu digambarkan secara tepat sebagai sebuah bilangan sebagaimana dalam bidang optik.
Dalam penggunaan spektrum yang paling modern, terdapat 'tema
pemersatu' di antara ekstrem-ekstrem di kedua ujung.(wikepedia)
Jadi apa pengertian spektrum
dalam ranah prospek ekonomi
Spektrum adalah cara pandang
anda terhadap sebuah bisnis atau usaha. Anggap saja anda sedang menggeluti usaha Kopi Sidikalang. Bagaimana cara
pandang anda terhadap usaha tersebut?
Apakah anda ingin usaha kopi
sidikalang yang biasa-biasa saja atau usaha kopi yang menggurita? Anda paham
kan maksud saya? Saya beri contoh. Anda tahu burger McDonalds? Awalnya,
McDonalds hanya punya satu gerai.
Sekarang anda bisa lihat, ada
puluhan bahkan mungkin ratusan gerai McDonalds tersebar di dunia. Bandingkan
dengan usaha burger lokal di tempat anda. Bisakah usaha tersebut menyaingi
McDonalds? Kemungkinan besar tidak kan?
Saya
tidak menyuruh anda untuk mempunyai mimpi setinggi langit dengan membuka usaha
seperti yang Ray Kroc, si pendiri McDonalds lakukan. Atau saya menyuruh anda
menggunakan leverage dengan mewaralabakan usaha. Tidak! Yang saya ingin
sampaikan adalah, anda harus tahu spektrum usaha anda.
Walaupun
usaha anda hanya “jualan krupuk”, tetap saja usaha anda bisa besar. Usaha
krupuk tersebut tergantung spektrum anda. Apakah anda hanya ingin jualan krupuk
dengan 2 orang tenaga penjualan
masuk di tiap gang-gang. Atau anda ingin usaha krupuk anda mempunyai agen yang
tersebar se-Indonesia Raya.
Memang
benar jenis usaha termasuk faktor yang harus anda perhatikan dalam memilih
usaha. Misalkan di tempat anda sudah penuh sesak usaha laudry Pasar usaha tersebut
terlihat sudah jenuh. Anda berencana untuk mencari usaha yang lain yang lebih
menggiurkan sekaligus lebih kecil resikonya seperti bisnis internet misalnya.
It’s okey, no problem… gak ada
masalah. Sah-sah saja pilihan anda. Saya juga akan menyarankan hal yang sama.
Tapi setelah itu, perhatikan selalu spektrum anda. Karena besar kecilnya usaha
anda tergantung spektrum anda. Tentunya dengan ijin Allah SWT.
Contoh kasus lain ada rekan
memulai pertama kali menebar bibit udang
galah, dia hanya punya asumsi pendapatan rata-rata 1 juta per bulan. Di bagi
bertiga lagi. Kontradiksi kan dengan apa yang dipersepsikan orang-orang tentang
usaha udang galah yang mungkin untungnya segede gunung? Padahal modalnya waktu
itu 20 juta.
Tetapi
karena sejak diaa kenal usaha budidaya lobster iar tawar, dia dan teman temannyaa
sudah tahu spektrum bisnis mereka. Walaupun awalnya perkiraan untung yang mereka dapat kecil, mereka tetap maju terus pantang mundur.
Dan perlu anda ketahui, di
Jogja ada pengusaha udang namanya Mang Engking. Beliau adalah seorang
perantauan dari Sukabumi. Awalnya beliau hanya membuka beberapa kolam. Sekarang
beliau mampu menjual lebih dari 8 ton tiap satu bulannya dan sudah mempunyai
restoran yang disukai Ahmad Dhani. Jelas kan?
Tapi
ingat, spektrum selalu membutuhkan konsekuensi, yaitu rencana bisnis matang dan…bertindak!
Percuma anda punya spektrum tinggi tapi tidak punya perencanaan bisnis yang
matang. Akhirnya jangan remehkan perencanaan bisnis anda.( dokter .net.bisnis)
Begitu juga jika anda punya
spektrum bisnis yang besar berikut rencana bisnis yang super matang, tapi anda
tidak bertindak… Sama juga bohong. Jadi dua-duanya harus anda lakukan.
Pertanyaannya sekarang adalah, Spektakulerkan spektrum masa depan anda dengan usaha nyata dan tak kalah pentingnya anda saya sarankan membaca juga. Mengenali Peluang dan Memilih Jenis Usaha. Semoga dengan tulisan ini anda tidak ragu lagi berusaha dan berbisnis dimasa masa depan raih dan action anda pasti bisa sukses yakin usaha sampai.
No comments:
Post a Comment